cara membersihkan FAN pada pc


Siapa sih yang tidak bisa membersihkan kipas komputer (kipas casing/power Supply) ini? akan tetapi cara yang satu ini beda dengan yang biasa dilakukan pada kebanyakan oarang,. timbul pertanyaan: apasih perlunya bersihkan kipas? jawaban singkatnya seperti ini:

Untuk mencegah suhu agar tidak terlalu panas, Komputer yang mengalami crash (bermasalah) tak selalu disebabkan oleh kerusakan software, namun juga bisa disebabkan oleh suhu komputer yang terlalu panas. Ini terjadi ketika lapisan debu dan kotoran dalam komputer akan menghambat kinerja sistem pendingin komputer.

Mencegah agar komputer tidak berisik, maksud saya bukan berisik dikarenakan lagu pada winamp/Mplayer melainkan karena gesekan kipas.

cara saya membersihkan sebagai berikut:
1) tentu saja terlebih dahulu anda harus melepaskan kipas dari casing/PS (power Supply) anda.

2) Kedua, bersihkan dengan kain tapi bila anda memiliki kompressor itu lebih bagus lagi.

3) Ketiga, buka stiker yang lengket pada kipas tersebut, nah dibalik kipas tersebut ada karet kecil yang menutupi lubang.

4) Keempat, buka juga karet tersebut dan simpan baik-baik pada posisi yang aman agar tidak nyasar nantinya.

5) Kelima, Nah ini intinya, anda ke dapur dan ambil minyak goreng. Untuk apa minyak goreng? saya yakin pasti sudah terlintas dalam pikiran anda, apa yang dilakukan pada langkah selanjutnya.

7) Keenam, teteskan minyak goreng pada lubang yang telah anda buka karetnya tadi, tapi ingat!! teteskan secukupnya saja, jangan sampai banjir/merembes ke bagian lain, apalagi sampai membanjirkan kamar anda. hehehe....

8) Ketujuh, putar-putar kipas anda agar minyak tersebut rata, nah kalau sudah rata pasang kembali karet dan stiker tadi dengan sempurna pastikan debu tidak masuk. -

9) Langkah terakhir adalah tentu saja kipas tersebut anda pasang kembali pada casing/ps.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "cara membersihkan FAN pada pc"

  1. Ir. hydir says:

    terima kasih infonya..
    saya jarang bersihkan kipasnya..malas barangkali..

    :)

    kbsoccernet.com

Posting Komentar