trouble shooting pada tampilan komputer

Bila suatu saat Anda menemui masalah dengan komputer. Bahwa pada saat komputer dihidupkan, ternyata pada layar monitor tidak ada tampilan apapun. Saat itu kita akan menganggap bahwa layar monitor mengalami kerusakan, sehingga cepat-cepat membawa monitor tersebut ke tukang reparasi. Setelah sampai di tempat reparasi, monitor tersebut dicoba dan ternyata berfungsi secara normal. Ternyata kerusakan bukan pada perangkat monitor. Lalu pertanyaannya, perangkat apa yang rusak pada komputer?




Permasalahan pada Perangkat Monitor

Jika Anda menemui masalah seperti itu, Anda bisa mencoba menganalisa bahkan memperbaiki komputer dengan memperhatikan beberapa kondisi dan tanda-tanda sebagai berikut:

* Perhatikan bahwa pada layar monitor terdapat lampu indikator yang merupakan penunjuk aktifitas monitor. Lampu tersebut akan menyala pada saat monitor tersebut dihidupkan. Pada beberapa model monitor, lampu indikator tersebut akan menyala dengan satu warna. Namun, ada juga model monitor yang lampu indikatornya akan berubah warna ketika monitor mendapat sinyal data dari main unit. Selain itu, terdapat pula jenis monitor yang lampu indikatornya akan berkedip-kedip jika tidak mendapat sinyal data dari main unit.
* Disamping tanda-tanda di atas, terdapat tanda-tanda lain yang perlu diperhatikan, yaitu pada saat monitor dihidupkan atau dimatikan, pada layar monitor akan tampak kilatan cahaya berwarna. Memang ada beberapa monitor yang tidak mempunyai tanda-tanda seperti ini, namun hampir semua monitor mempunyai tanda-tanda seperti ini.
* Terdapata beberapa jenis monitor yang jika pengaturan brightness dan contrast-nya dapat di atur meskipun dalam kondisi tanpa sinyal data dari main unit. Setelah kedua pengaturan tersebut telah disetting menjadi maksimal, maka pada layar monitor akan tampak putih terang.
* Selain tanda-tanda di atas, ada pula monitor yang memiliki fasilitas self test. Fasilitas ini akan bekerja pada saat monitor dihidupkan dan bila tidak ada sinyal yang masuk, maka monitor akan menampilkan gambar berupa pattern dan informasi yang menyatakan bahwa tidak terdapat sinyal data yang masuk ke monitor.

Berdasarkan pada uraian di atas, kita bisa mencoba menganalisa kerusakan jika menemui masalah pada komputer. Jika layar monitor tidak bekerja, maka bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Bila pada saat komputer dihidupkan dan ternyata pada layar monitor tidak terdapat tampilan apa-apa, maka coba perhatikan lampu indikator pada monitor. Jika lampu indikator tidak hidup, maka ada indikasi bahwa monitor tersebut memang mati. Periksalah hubungan kabel power pada monitor, apakah sudah terhubung dengan benar atau belum. Jika kabel belum terpasang dengan benar, pasanglah kabel dengan benar. Namun, jika kabel sudah terhubung dengan benar maka Anda bisa menuju langkah selanjutnya.
2. Jika pada langkah di atas belum menyelesaikan masalah, cobalah matikan monitor tersebut dan amati yang terjadi pada layar monitor saat monitor dimatikan. Apakah terdapat kilatan cahaya pada layar monitor. Jika ada kilatan cahaya tersebut maka ada kemungkinan kerusakan ada pada main unit dari komputer. Periksalah hubungan kabel data monitor pada port video out dari display adapter pada main unit. Sedangkan jika tidak terdapat kilatan tersebut, maka ada kemungkinan kerusakan memang terdapat pada monitor.
3. Masih terdapat satu lagi kemungkinan untuk memastikan bahwa kerusakan ada pada monitor, yaitu dengan cara menghidupkan monitor, dan kemudian atur posisi pengatur brightness dan contrast ke posisi maksimum. Apakah terlihat bahwa layar monitor akan tampak putih terang. Jika itu yang terjadi, ada kemungkinan monitor tidak rusak. Namun jika sebaliknya, maka berdasarkan pengamatan pada langkah-langkah sebelumnya, hampir bisa dipastikan bahwa kerusakan memang terdapat pada monitor. Untuk kondisi seperti ini, mungkin kita memerlukan jasa teknisi elektronik untuk memperbaiki monitor tersebut.
4. Sementara itu, jika dari langkah-langkah di atas menunjukkan bahwa monitor tidak rusak, maka selanjutnya amati tanda-tanda yang ditunjukkan oleh main unit komputer. Apakah main unit bekerja secara normal? Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa tidak tampilnya data di monitor dapat disebabkan karena main unit tidak bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa kondisi pada main unit yang menyebabkan tidak adanya tampilan pada layar monitor adalah adanya kerusakan pada display adapter, memori (RAM) atau kerusakan lain yang mengakibatkan main unit tidak dapat bekerja dengan baik.
5. Adapun jika kerusakan pada main unit adalah kerusakan pada kartu display adapter, beberapa komputer akan memberi tanda berupa bunyi bip (beep code) pada speaker. Yaitu bunyi satu kali panjang diikuti tiga kali pendek. Sedangkan dalam kondisi normal, bunyi bip tersebut adalah satu kali pendek. Dengan adanya bip seperti ini maka bisa dipastikan bahwa display adapter telah mengalami kerusakan. Langkah selanjutnya adalah, mematikan komputer, membuka tutup chasing komputer dan cobalah betulkan letak display adapter pada slot ekspansi, kemudian bisa mencoba menghidupkan kembali komputer tersebut. Jika ternyata masih tidak ada perubahan, maka bisa dipastikan bahwa kartu display adapter tidak berfungsi atau rusak.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "trouble shooting pada tampilan komputer"

Posting Komentar